Diposkan pada Akhlaq, Al Islam

Memaafkannya, Mungkinkah?

Jika salah, mintalah maaf. Jika ada yang buat salah pada kita, terimalah permintaan maafnya.

Mudah Raih Rumah Di Surga

Dari Abu Umamah Al-Bahili radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَنَا زَعِيمٌ بِبَيْتٍ فِى رَبَضِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْمِرَاءَ وَإِنْ كَانَ مُحِقًّا وَبِبَيْتٍ فِى وَسَطِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْكَذِبَ وَإِنْ كَانَ مَازِحًا وَبِبَيْتٍ فِى أَعْلَى الْجَنَّةِ لِمَنْ حَسَّنَ خُلُقَهُ

Aku memberikan jaminan rumah di pinggiran surga bagi orang yang meninggalkan perdebatan walaupun dia orang yang benar. Aku memberikan jaminan rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan kedustaan walaupun dalam bentuk candaan. Aku memberikan jaminan rumah di surga yang tinggi bagi orang yang bagus akhlaknya.” (HR. Abu Daud, no. 4800. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan) Lanjutkan membaca “Memaafkannya, Mungkinkah?”

Diposkan pada Akhlaq, Al Islam, Tanya Jawab, Ustad Menjawab

Hukum Minuman Jus yang Kemasukan Bangkai Semut

Soal:

Assalam ‘Alaikum, begini ustadz, saya mau menanyakan, kalau minuman kita tercampur dengan bangkai semut besar, apa hukumnya? Apa masih boleh kita minum atau sebaiknya dibuang?

Punten, tadi siang, saya beli juz dan itu stelah habis setengah gelas, saya baru tau ternyata ada semut besar di dalamnya…

Terima kasih banyaak ustadz atas waktu dan jawabnnya..

0852-2549-0339

Lanjutkan membaca “Hukum Minuman Jus yang Kemasukan Bangkai Semut”

Diposkan pada Akhlaq

Membuang Sifat Dengki Dan Dendam

dendam

Dendam dalam bahasa Arab di sebut hiqid, ialah “Mengandungi permusuhan didalam batin dan menanti-nanti waktu yang terbaik untuk melepaskan dendamnya, menunggu kesempatan yang tepat untuk membalas sakit hati dengan mencelakakan orang yang di dendami“.

Berbahagialah orang yang berlapang dada, berjiwa besar dan pemaaf.

Tidak ada sesuatu  yang menyenangkan dan menyegarkan pandangan mata seseorang, kecuali hidup dengan hati yang bersih dan jiwa yang sihat, bebas dari rasa kebingungan dan bebas dari rasa dendam yang sentiasa menggoda manusia. Lanjutkan membaca “Membuang Sifat Dengki Dan Dendam”

Diposkan pada Akhlaq, Al Islam, Muslimah

Sebab Mekarmu Hanya Sekali: “HIJAB”

HijabPutriku, pernahkah terlintas dalam benakmu bahwa sesungguhnya kau diciptakan dengan fitrah yang sangat mempesona? Pernahkah kau sadari betapa keberadaanmu di muka bumi ini adalah juga sebagai fitnah bagi kehidupan dan orang-orang yang tak mengerti? Maka ingatlah selalu pada sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

مَا تَرَكْتُ بَعْدِيْ فِتْنَةً أَضَرُّ عَلَى الرِّجَالِ مِنَ النِّسَاءِ.

“Setelah meninggal dunia, aku tidak meninggalkan fitnah (ujian) yang lebih berbahaya bagi kaum lelaki daripada masalah wanita.” (HR. al-Bukhari, no. 4808 dan Muslim, no. 2740, 2741) Lanjutkan membaca “Sebab Mekarmu Hanya Sekali: “HIJAB””

Diposkan pada Akhlaq, Al Islam, Dakwah, Goresan Tangan, Motivasi, Muhasabah, Nasihat, Renungan, Tarbiyah

Tere Liye Quotes (Bag. I)

tereliye“Bahwa hidup harus menerima, penerimaan yang indah. Bahwa hidup harus dimengerti, pengertian yang benar. Bahwa hidup harus memahamim pemahaman yang tulus.”  ― Tere Liye
“Ya Rabb, Engkaulah alasan semua kehidupan ini. Engkaulah penjelasan atas semua kehidupan ini. Perasaan itu datang dariMu. Semua perasaan itu juga akan kembali kepadaMu. Kami hanya menerima titipan. Dan semua itu ada sungguh karenaMu… Katakanlah wahai semua pencinta di dunia. Katakanlah ikrar cinta itu hanya karenaNya. Katakanlah semua kehidupan itu hanya karena Allah. Katakanlah semua getar-rasa itu hanya karena Allah. Dan semoga Allah yang Maha Mencinta, yang Menciptakan dunia dengan kasih-sayang mengajarkan kita tentang cinta sejati.
Diposkan pada Akhlaq, Al Islam

MALU adalah AKHLAQ ISLAM

Malu - dari iluvilsamSalah satu sifat yang harus ada pada seorang Muslim adalah memiliki sifat malu, sebagaimana sifat yang dimiliki oleh Rasulullah Shallallahi Alaihu wa Sallam seperti yang diceritakan salah satu sahabat Sa’id Al-Khudri ra. =

“Rasulullah Shallallahi Alaihi wa Sallam lebih pemalu daripada gadis di dalam pingitan, apabila Beliau melihat sesuatu yang tidak sukai maka kami dapat mengetauhi dari wajahnya” (Muttafaqun Alaih) Lanjutkan membaca “MALU adalah AKHLAQ ISLAM”

Diposkan pada Akhlaq, Al Islam, Motivasi, Muslimah, Nasihat, Smar Teen

Katanya Muslimah Neng, Kok nggak pake jilbab?

 

Cewek… cewek.. cewek…

 

Bersyukurnya kita jadi seorang cewek. Makhluk yang pastinya indah dan cantik banget. Nggak ada kita, dunia dipastikan nggak seru dan nggak asyik lagi. Seperti kamu tahu, cewek dalam aturan islam sangat dihormati banget. Dia diwajibkan pakai kerudung dan jilbab. Bukan apa- apa, tapi semua demi kehormatan tuh cewek sendiri.

 

Tapi satu pertanyaan yang kita heran, kenapa banyak dari para cewek yang nggak mau pake kerudung dan berjilbab rapi, nutup aurat biar nggak jadi sasaran mata jalang. Anehnya mereka ini juga ngaku islam loh, cek aja di KTPnya. Lanjutkan membaca “Katanya Muslimah Neng, Kok nggak pake jilbab?”

Diposkan pada Akhlaq, Al Islam, Daily Do'a, Muhasabah

Munajat Hamba Meraih Cinta

Bismillahirrahmanirrahim.. Alhamdulillah syukur ke hadrat Illahi.

Di saat ini, aku meninggalkan bantal yang empuk dan katil yang tersergam kemasnya. Aku berkorban untuk merasai semua itu kerana aku menantikan sesuatu perkara yang lebih indah dan menenangkan hati.

Di saat manusia lain lena dibuai mimpi, aku tidak dapat melelapkan mata. Sangat rugi jika aku tidak merebut peluang ini. Alhamdulillah, Allah beriku kekuatan agar tidak mudah termakan dengan godaan syaitan.

Aku melangkah menuju ke bilik air yang berdekatan. Wudhuk ku ratakan dan sempurnakan. Hanya untuk Mu Ya Allah. Aku ingin sentiasa berada di sampingMu kerana aku mahu mengingatinya walau apa juga keadaan dan situasiku. Samada suka dan duka, aku ingin Allah sentiasa bersamaku. Dan aku pasti, Allah tetap tidak pernah sesaat pun jauh dari hamba-hambaNya. Lanjutkan membaca “Munajat Hamba Meraih Cinta”

Diposkan pada Akhlaq, Al Islam

Konsekuensi Cinta (Untukmu ya Rasulullah)

Bismillahirrahmanirrahim

Dari Abdullah bin Hisyam ra. bahwa dia berkata: Kami pernah bersama Nabi sementara beliau menggandeng tangan Umar bin Khatthab ra, maka Umar berkata kepada beliau: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya engkau lebih aku cintai dari segala sesuatu kecuali diriku”. Maka Nabi bersabda: “Tidak, demi Allah yang jiwaku ada di tangan-Nya! Hingga kamu lebih mencintai aku dari pada dirimu sendiri”. Umar berkata kepadanya: “Sesungguhnya sekarang engkau lebih aku cintai dari pada diriku sendiri. Nabi bersabda: “Sekarang wahai Umar”. (H.R Bukhari).
Berita tawuran Pelajar akhir – akhir ini merebak menjadi isu yang hangat diberitakan oleh seluruh Media Nasional, seluruh masyarakat dan para pakar mengomentari sebab musabab terjadinya tawuran tersebut dan  Apa kerugian yang ditimbulkan daripadanya. Lanjutkan membaca “Konsekuensi Cinta (Untukmu ya Rasulullah)”

Diposkan pada Akhlaq, Pakar Cinta

Mencintai Tanpa Kata Sempurna

Bila kamu telah bertemu dengan seorang INSAN, yang bagimu telah pasti boleh membawa kebaikan kepada dirimu menyayangimu mengasihimu dan mencintaimu… Mengapa kamu berlengah lagi? Cuba membandingkannya dengan yang lain?

Terlalu mengejar KESEMPURNAAN,Kelak dia akan berjauh hati dan kamu akan kehilangannya apabila dia menjadi milik orang lain, kamu juga yang akan MENYESAL dan tidak ada gunanya lagi kerana dia telah menemui cinta sejatinya yang jauh lebih baik dari kamu dan ketika itu tiba tiada guna lagi ruang dalam hatinya buat kamu… Lanjutkan membaca “Mencintai Tanpa Kata Sempurna”