Diposkan pada Muslimah, Nasihat, Tak Berkategori, Tanya Jawab, Ustad Menjawab

Syarat Wanita Bekerja dan Berkarir

Wanita KarirApakah boleh wanita bekerja (menjadi wanita karir) sehingga sering berada di luar rumah?

Yang Lebih Baik Bagi Wanita

Sebelum pertanyaan di atas dijawab, perlu dipahami bahwa sebaik-baik tempat bagi wanita adalah di rumahnya. Inilah yang dipuji dalam berbagai ayat.

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى

Dan tinggallah kalian di dalam rumah-rumah kalian dan janganlah kalian berdandan sebagaimana dandan ala jahiliah terdahulu.” (QS Al Ahzab: 33). Lanjutkan membaca “Syarat Wanita Bekerja dan Berkarir”

Diposkan pada Al Islam, Dakwah, Ibadah, Iman

Sujud: Dahi di Tanah, Derajat Tinggi Di Jannah

Sujud: Dahi di Tanah, Derajat Tinggi di JannahIbnu Jarier menyebutkan dalam tafsirnya, bahwa Abu Jahal pernah berkata, “Apakah Muhammad masih menyungkurkan wajahnya ke tanah (sujud untuk shalat) di tengah kalian?” Orang-orang Quraisy menjawab, “Iya.” Lalu dia berkata, “Demi Lata dan Uzza, jika aku melihat ia shalat lagi, sungguh aku akan injak tengkuknya (saat sujud), dan aku akan benamkan wajahnya ke tanah.” Lalu ia mendatangi Rasulullah shallallahu alaihi wasallam untuk menginjak tengkuk beliau. Tiba-tiba ia terkejut, melangkah mundur sambil melindungi wajah dengan kedua tangannya. Lalu ia ditanya, “Ada apa denganmu?” Ia menjawab, “Antara aku dan dia ada parit api dan makhluk bersayap.” Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Seandainya dia mendekatiku sungguh malaikat akan mencabik tubuhnya sepotong demi sepotong.” Lanjutkan membaca “Sujud: Dahi di Tanah, Derajat Tinggi Di Jannah”

Diposkan pada Al Islam, Ibadah

Menggapai Hati Yang Khusu’

Menggapai Hati Yang Khusu’Muslimahzone.com – ” Dan mintalah pertolongan ( kepada ) Allah dengan sabar dan sholat.Dan sesungguhhya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusu’ , ( yaitu ) orang-orang yang menyakini , bahwa mereka akan menemui Robb-nya dan bahwa mereka akan kembali kepad-Nya ” (QS. Al Baqarah : 45 -46)

Pada tulisan yang lalu telah diterangkan tentang sabar dan sholat serta pengaruhnya terhadap penyelesaian problematika hidup. Begitu juga sudah kita ketahui bahwa sabar dan sholat ini akan sangat sulit dikerjakan secara baik dan terus menerus kecuali oleh orang-orang yang khusu’. Pada tulisan di bawah ini akan diterangkan hakekat khusu’ menurut Al Qur’an dan Hadist, serta padangan para ulama. Untuk mempermudah pembahasan akan dibagi menjadi beberapa pelajaran : Lanjutkan membaca “Menggapai Hati Yang Khusu’”

Diposkan pada Al Islam, Ibadah

3 Amalan Harian Muslim Sejati

Saudaraku, setiap waktu merupakan ladang pahala bagi setiap muslim… Oleh sebab itu, janganlah kau lewatkan setiap jengkal waktu yang engkau lalui dengan kesia-siaan dan merugikan diri sendiri.

Berikut ini, akan kami sebutkan tiga buah amalan yang agung di sisi Allah, amalan yang dicintai-Nya, amalan yang akan mendekatkan dirimu kepada-Nya, amalan yang akan menentramkan hatimu dimanapun kau berada, amalan yang akan menjadi tabunganmu menyambut hari esok setelah ditiupnya sangkakala dan hancurnya dunia beserta segenap isinya…

Semoga Allah mengumpulkan kita bersama para nabi, shiddiqin, syuhada, dan orang-orang salih di dalam surga-Nya…, Allahumma amin. Lanjutkan membaca “3 Amalan Harian Muslim Sejati”

Diposkan pada Al Islam, Ibadah

Amal-amal Utama di Sepuluh Hari Pertama Dzulhijjah

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji bagi Allah yang masih memberi kesempatan kepada kita untuk beribadah dan taat kepada-Nya. Shalawat dan salam semogat terlimpah kepada baginda Rasulillah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarga dan para sahabatnya.

Berdasarkan catatan kalender yang beredar, Hari ini, Jum’at 28 Oktober 2011 Miladiyah, kita sudah berada pada tanggal 1 Dzulhijjah 1432 Hijriyah. Artinya keutamaan-keutamaan sepuluh hari pertama sudah mulai berlaku sejak kemarin petang hingga ujung tanggal 10 Dzulhijjah. [baca: Keutamaan Sepuluh Hari Pertama Bulan Dzulhijjah] Lanjutkan membaca “Amal-amal Utama di Sepuluh Hari Pertama Dzulhijjah”

Diposkan pada Al Islam, Dakwah, Ibadah, Muslimah, Nasihat

Saudariku, Berjilbablah Sesuai Ajaran Nabimu!

Islam adalah ajaran yang sangat sempurna, sampai-sampai cara berpakaian pun dibimbing oleh Alloh Dzat yang paling mengetahui apa yang terbaik bagi diri kita. Bisa jadi sesuatu yang kita sukai, baik itu berupa model pakaian atau perhiasan pada hakikatnya justru jelek menurut Alloh. Alloh berfirman, “Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal itu adalah baik bagimu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal sebenarnya itu buruk bagimu, Alloh lah yang Maha mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Al Baqoroh: 216). Oleh karenanya marilah kita ikuti bimbingan-Nya dalam segala perkara termasuk mengenai cara berpakaian. Lanjutkan membaca “Saudariku, Berjilbablah Sesuai Ajaran Nabimu!”

Diposkan pada Al Islam, Ibadah, Motivasi, Muslimah, Nikah

Sayang, Nikah Yuk???

Bismillahirrahmanirrahim..

Seorang wanita berbicara dengan kekasihnya,” Sayang, nikah yuk?”
Kekasihnya menjawab,”Nanti dulu ya neng, ntar abang nggak bisa membahagiakan kamu.”
Dalam hati kekasihnya berkata, kalau aku menikah pasti aku nggak akan bebas lagi.Sang wanita pun hanya bisa pasrah.
Di lain tempat ada seorang muslimah sedang ber-FB an ria dengan seseorang yang dia sebut ikhwan.
Muslimah itu pun mengirimkan pesan,”Kapan antum ke rumah ana, akh? kita tidak akan seperti ini terus kan akh?”
Ikhwan itu pun membalas,”Sabar yaa ukhti, ana pasti akan datang ke rumah anti, hanya ana ingin agar anti mau menanti ana sampai selesai kuliah lalu bekerja. Bila ini memang cinta, sungguh anti pasti sanggup menanti ana.”
Si ikhwan dalam hati berkata, kalau aku lulus kuliah itu 4 tahun lagi, terus nanti cari kerja kira-kira 2 tahun. Bisa nggak ya?
Muslimah itu pun meski ragu tapi tetap menerima dengan dalih karena cinta.

*** Lanjutkan membaca “Sayang, Nikah Yuk???”

Diposkan pada Al Islam, Ibadah, Smar Teen

Loh, Kok Masjid Pada Sepi

Ngeliat sholat jamaah hari niy, jadi pada bingung deh. Soalnya sholat jamaah kali niy bener- bener mengalami “kemajuan”. Yups, makin hari makin maju ajah tuh barisan jamaahnya. Belon lagih kalo ngeliat orang- orangnya yang akan sholat. Ya allah, kenapa udah pada sepuh alias tua ya kebanyakan. Truuuusss, yang mudaan pada kemanaaa nich?

Yang cowok, Yang cowok!!….

Yang merasa cowok!!. Pagi niy sholat subuh jam berapa, bang?. En tkp-nya ambil masjid mana? Ato jangan- jangan malah bablas ajah, ampe niy siang baru bangun? Hayoo ngaku!!. Malu atuh bang sama ayam jago yang dah pasti nge set jam weker buat berkokok rutiiin tiap hari.

Bisa digambarkan bahwa suasana didalam kebanyakan masjid apalagi kalo lagi shubuh, bener- bener sunyi senyap. Biasanya sih yang mendominasi cuma eyang ama bapak- bapak. Ya Allah, sisanya yang mudaan dikit cuman berapa biji ajah. Sungguh terlalu!! Lanjutkan membaca “Loh, Kok Masjid Pada Sepi”