Diposkan pada Al Islam, Nasihat, Renungan

Ruang Dosa di Facebook

Mungkin kita pernah terbaca dengan beberapa ungkapan yang tidak sepatutnya. Sebagai contoh, cuba lihat di wall facebook kita atau sahabat-sahabat yang lain.

” Hari ini saya keluar dating dengan bf saya”
“Seronoknya keluar ngan **** semalam kat mall, thanx!!!”
“Awak ni gatal la sayang ;-)”
“baby, bila lagi nak ‘study’ sama-sama?”
“awak cantik pakai baju itu, cun”

Dan pelbagai lagi contoh-contoh komen, yang tak sepatutnya. Kemudian, agak menyedihkan, apabila kita muat naik gambar, tanpa kita sedari, mendedahkan aurat kita sendiri, dan bergambar dengan pasangan bukan muhrim secara berpegangan tangan atau berpelukan. Lanjutkan membaca “Ruang Dosa di Facebook”

Diposkan pada Mujahid Profile, Profile

Kisah Ksatria Thariq bin Ziyad Saat Menaklukkan Andalusia

VOA-ISLAM.COM – Andalusia adalah negeri kaum Muslimin yang pernah ditaklukan oleh panglima perang Thariq bin Ziyad. Thariq berasal dari suku Barbar, Afrika yang kemudian memeluk Islam. Entah mungkin untuk mendiskreditkan perjuangan Thariq bin Ziyad, kata-kata Barbar kemudian jika disematkan kemudian berkonotasi negatif, yang berarti tidak beradab, kejam atau kasar.

Negeri Andalusia yang pernah dikuasai kaum Muslimin dan sempat mencapai kegemilangan di bidang ilmu pengetahuan di bawah pemerintahan Islam kini telah dikuasai Nasrani. Oleh sebab itu, Syaikh Abdullah Azzam -rahimahullah- menyinggungnya dalam kitab “An-Nihayah wal Khulashah”:

“Bahkan jihad itu telah menjadi fardlu ‘ain bukan saja sejak Rusia memasuki Afghanistan, akan tetapi jihad telah menjadi fardlu ‘ain semenjak jatuhnya Andalusia ke tangan orang-orang Nasrani, dan hukumnya belum berubah sampai hari ini. Lanjutkan membaca “Kisah Ksatria Thariq bin Ziyad Saat Menaklukkan Andalusia”

Diposkan pada Muslimah

“Aku, Produk Ayah Dan Ibuku”

Aku adalah seorang anak, dan akulah plagiat sejati
Dari apapun yang dicontohkan orang tuaku.
Memori yang aku rekam, aku dengar dan aku saksikan tidak akan dengan mudah terhapus.
Dan inilah aku kini…
Produk didikan orang tuaku dulu, dan yang akan aku wariskan kepada anak cucuku nanti.

Aku adalah pribadi yang keras.
Karena aku belajar dari orang tuaku yang tak pernah mau mengalah.
Atau paling tidak memberi sedikit ruang untuk sebuah pengertian.
Yang aku dengar hanya celaan dan bentakan.
Saat keinginan mereka tidak terpenuhi.
Bagiku, tak ada itu istilah mengabdi.
Yang ada bahwa aku haruslah selalu yang terlayani. Lanjutkan membaca ““Aku, Produk Ayah Dan Ibuku””

Diposkan pada Opini

Rohis Disudutkan, Tawuran Membuktikan!

BELUM selesai telinga kita mendengar tudingan miring yang dilayangkan oleh sebagian pihak kepada kegiatan elemen Kerohanian Islam (Rohi), kini jagad pendidikan negeri kita kembali diguncang dengan kasu. tawuran pelajar antara siswa SMAN 6 dan SMAN 70 Jakarta, di kawasan Bulungan, tidak jauh dari Blok M Plaza, pada Senin (24/9) kemarin.

Tawuran ini menyebabkan Alawy, siswa SMA 6 kelas X berusia 15 tahun, tewas akibat terkena bacok di bagian dada.

Menurut saksi, ketika tawuran terjadi, Alawy saat itu sedang makan gulai di tikungan Bulungan. Melihat ada tawuran, dia lantas berlari menyelamatkan diri bersama teman-temannya. Namun naas terjadi. Dia terjatuh di depan KFC Bulungan dan langsung mendapat sabetan celurit di dadanya. Remaja kelahiran 1997 itu pun meninggal dunia. (detik.com/25-09-2012) Lanjutkan membaca “Rohis Disudutkan, Tawuran Membuktikan!”

Diposkan pada Opini

Remaja Tawuran, Gua Harus Bilang “WOUW Githu..!”

Ampyuunn…dech guys, tawuran memakan korban lagi. Tercatat selama taon 2012 sudah terjadi 150 tawuran di Indonesia en korbannya udah mencapai 15 orang. Sadar nggak sich, kalo tawuran itu nggak penting banget. Hmmm…emang kudu di sadarin nich.

Pdahal kita sesama muslim bersaudara lho…”DAMAI ITU INDAH”. Slogan itu sering kali kita denger kan guys di kuping kita. Nach ISLAM mengajarkan kita bagaimana bersikap dengan sesama sodara.

Nah, berikut ini adalah tips-tips dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bagaimana cara berinteraksi dengan sesama muslim :

Pertama, mencintai muslim lain sebagaimana mencintai dirinya sendiri. Lanjutkan membaca “Remaja Tawuran, Gua Harus Bilang “WOUW Githu..!””

Diposkan pada Citizens Jurnalism, Goresan Tangan, Kisah Penuh Hikmah

Kesaksian Sandrina Malakiano | Mantan Penyiar MetroTV Terkait Jilbab

(Muslimpress) – SEJAK memutuskan untuk berjilbab, sosok Sandrina Malakiano tak lagi membawakan berita, Ia menghilang. Metro TV tempat ia bekerja dikecam karena melarang Sandrina Malakiano mengenakan jilbab pada saat siaran, meskipun Sandrina sudah memperjuangkannya selama berbulan-bulan dengan mengajak jajaran pimpinan level atas Metro TV berdiskusi panjang. Larangan inilah, alasan Sandrina keluar dari Metro TV. Lanjutkan membaca “Kesaksian Sandrina Malakiano | Mantan Penyiar MetroTV Terkait Jilbab”

Diposkan pada Opini, Syabab

Jangan Hanya Lihat dari Rambut Gondrongnya

Jangan Hanya Lihat dari Rambut Gondrongnya
“Eh, Nak!.. Benar enggak sih dia seorang ustadz?” Seorang ibu yang menghadiri pengajian rutin akhir bulan bertanya pada saya dengan rona wajah yang menunjukkan rasa tak percaya manakala sang MC menyebutkan sebuah nama berikut sekilas biodata yang akan menjadi penceramah pada kesempatan itu di masjid Al-Falah, Berlin.

“Ya benar bu, seperti yang dikatakan MC tadi, dia seorang ustadz,” jawab saya sambil tersenyum memaklumi keheranan sang ibu.

“Apa di Indonesia dia juga suka ngisi ceramah?” ibu tersebut masih sangsi dengan jawaban saya dan kembali bertanya. Lanjutkan membaca “Jangan Hanya Lihat dari Rambut Gondrongnya”

Diposkan pada Jendela Keluarga, Muslimah

Ya Akhi, Haruskah Aku yang Meminangmu?

Ya Akhi, Haruskah Aku yang Meminangmu?
 Sobat, jika melihat judul maka apa yang bisa kita simpulkan? Ya, betul.. ini adalah untaian kata hati yang ingin disampaikan oleh seorang muslimah, seorang akhwat untuk seorang ikhwan, yang ia dambakan kelak akan menjadi qiyadahnya. Namun yang sering terjadi adalah seperti kisah ini,

***

Kisah ini terjadi di beijing Cina, seorang gadis bernama Yo Yi Mei memiliki cinta terpendam terhadap teman karibnya di masa sekolah. Namun ia tidak pernah mengungkapkannya, ia hanya selalu menyimpan di dalam hati dan berharap temannya bisa mengetahuinya sendiri. Tapi sayang temannya tak pernah mengetahuinya, hanya menganggapnya sebagai sahabat, tak lebih. Lanjutkan membaca “Ya Akhi, Haruskah Aku yang Meminangmu?”

Diposkan pada Al Islam, Dakwah, Motivasi

Di Jalan Dakwah Aku Menikah

‘Atribute’ yang diberikan Islam kepada kita, salah satunya adalah “dai ilallah”. Kita dituntut untuk merealisasikan dakwah dalam seluruh kehidupan kita. Setiap langkah kita sesungguhnya adalah dakwah kepada Allah, oleh sebab itulah Islam terkhabarkan kepada masyarakat. Bukankah dakwah bermakna mengajak manusia merealisasikan ajaran-ajaran Allah dalam kehidupan seharian? Sudah selayaknya kita sebagai pelaku menunaikannya buat pertama kali, sebelum mengajak kepada orang lain.

Pernikahan akan bersifat dakwah apabila dilaksanakan sesuai dengan tuntunan Islam dan menimbang berbagai kemaslahatan dakwah dalam setiap langkahnya. Dalam memilih jodoh, dipilihkan pasangan hidup yang bernilai optimal bagi dakwah. Dalam menentukan siapa calon jodoh tersebut, dipertimbangkan pula kemaslahatan secara lebih luas. selain kriteria umum sebagaimana tuntutan fikah Islam, pertimbangan lainnya ialah; Lanjutkan membaca “Di Jalan Dakwah Aku Menikah”

Diposkan pada Cerpen, Goresan Tangan

“Kau Terlalu Cantik Untuk Saya”

 AKU masih termenung. Skrin komputer riba aku tatap dalam. Aku cuba perah ayat-ayat supaya keluar dari otak. Tiada. Aku tatap lagi skrin. Terasa kosong. Jenuh otak memikirkan ayat-ayat sebagai mukadimah diri. Di luar suasana mula redup. Bahang matahari tadi sudah bertukar sejuk. Angin mula bertiup bila dahan halus mula meliuk lentuk ditempuh angin. Mata beralih pula ke arah skrin.

Bingung. Bujang begini, telinga panas diterjah soalan ‘bila nak berdua?’. Aku bukan jenis memilih. Aku pertahankan prinsip. Jodoh biar datang sendiri. Bukan dicari, bukan dikejar, bukan dihambat. Aku perempuan. Betul, jodoh pertemuan itu di tangan Tuhan tapi jodoh takkan datang jika tidak dicari. Lanjutkan membaca ““Kau Terlalu Cantik Untuk Saya””