Nasihat Seorang Ibu kepada Putrinya

Amr bin Hijr penguasa Kindi meminang Ummu Iyas binti Auf bin Maslamah Asy-Syaibani. Ketika tiba waktu harus diboyong oleh suaminya, Ummu Iyas diajak bertemu berdua saja dengan ibundanya, yakni Umamah binti Al-Harits untuk diberi nasihat. Nasihat inilah yang menjelaskan dasar-dasar kehidupan rumah tangga yang bahagia.

Sang ibu berkata“Wahai putriku, sebentar lagi kamu akan pergi meninggalkan suasana kehidupan masa kecil dan masa remajamu, untuk memasuki sebuah kehidupan baru yang sebelumnya tidak pernah kamu kenal. Kamu juga akan hidup bersama laki-laki pendampingmu yang sebelumnya juga tidak kamu kenal. Karena berkuasa atas dirimu, ia akan menjadi pengawas sekaligus pelindungmu. Jadilah kamu pelayannya, niscaya dia pun akan menjadi pelayanmu

Peliharalah 10 sifatnya, karena itu akan menjadi simpanan yang berguna bagimu:

Pertama dan kedua : patuh dan taatlah kepadanya dengan sifat menerima apa adanya

Ketiga dan keempat : perhatikan dan jagalah objek pandangan dan penciumannya. Tampilah di hadapannya dengan secantik dan semenarik mungkin (jangan pernah dia melihat dan mencium sesuatu yang mengecewakan darimu)

Kelima dan keenam : perhatikan waktu tidur dan waktu makannya, sebab menahan lapar dan menahan kantuk itu dapat memancing timbulnya emosi dan kemarahan

Ketujuh dan kedelapan : jagalah harta dan kehormatan keluarganya

Kesembilan dan kesepuluh: janganlah kamu mendurhakai perintahnya, dan janganlah kamu menyiarkan rahasianya. Jika kamu mendurhakai perintahnya berarti kamu membuatnya marah. Dan jika kamu menyiarkan rahasianya, sangat boleh jadi ia akan berkhianat. Jangan sekali-kali menampakan kegembiraan pada waktu ia sedang bersedih, dan janganlah kamu memperlihatkan kedukaan pada saat ia sedang bergembira”
———————————————————————————————————————-
Disadur dari buku KADO PERNIKAHAN karya Syaih Hafizh Ali Syuaisyi halaman 103-104

Source: Facebook

 

 

 

Iklan

Posted on 9 September 2012, in Muslimah, Nasihat and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: