Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriyah, Jatuh Pada Ahad 19 Agustus

Jakarta (voa-islam.com) Sangat besar kemungkinan Idul Fitri 1433 Hijriiyah akan jatuh pada hari Ahad, bertepatan dengan 19 Agustus 2012. Karena, hasil ru’yat yang berlangsung di Cakung, Jakarta Timur, berkesimpulan bulan masih di bawah ufuk, dan belum terlihat, sehingga di isti’malkan (disempurnakan) menjadi 30 hari puasa.

Maka, tahun ini kemungkinan lebaran bareng tahun ini antara Muhammadiyah dengan Nahdlatul Ulama terlaksana. Pengurus Pusat Muhammadiyah sudah lebih dulu menetapkan 1 Syawal jatuh pada Ahad (19/8), dan peluang NU bakal merayakan lebaran bersama Muhammadiyah terbuka lantaran almanak NU tertera 1 Syawal 1433 Hijriyah jatuh pada tanggal yang sama, Ahad.

Pimpinan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, KH Marifat Iman memperkuat 1 Syawal tepat pada 19 Agustus 2012 dengan perhitungan posisi hilal saat 17 Agustus 2012, masih di bawah ufuk.

“Maka, 1 Syawal 1433 H jatuh pada lusa harinya, yaitu 19 Agustus,” tegas anggota Komisi Fatwa MUI ini, seperti dirilis Kemenag, Kamis (16/8/2012).

Posisi hilal seperti itu, memungkinkan semua umat Islam akan sepakat menetapkan awal bulan pada lusa harinya, ujar Marifat.

Kemenag akan menggelar sidang itsbat penentuan Idul Fitri atau 1 Syawal pada Sabtu (18/8) sore di Gedung Kemenag Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat. Sekjen Kemenag, Bahrul Hayat menjelaskan pelaksanaan sidang tersebut diselenggarakan Sabtu sore karena pertimbangan perhitungan hisab. Lantaran saat itu hilal sudah di atas nol derajat.

“Kami memperhitungkan 1 Syawal dan Idul Fitri berdasarkan hisab dan rukyat. Memang diperkirakan Idul Fitri akan jatuh pada Ahad (19/8),” ujarnya. Agar seluruh pandangan yang selama ini berbeda dalam konsep penghitungan, Kemenag kembali mengundang seluruh ormas Islam serta para ahli astronomi yang tergabung dalam Badan Hisab Rukyat saat sidang itsbat berlangsung.

Bahrul berharap, Muhammadiyah yang pada sidang istbat penentuan awal Ramadhan tidak hadir bisa mengirimkan perwakilannya. “Peran pemerintah sebagai mediator,” ungkap Bahrul.

Demikian pula, kemungkinan Saudi Arabia, 1 Syawal akan jatuh pada hari Ahad, 19 Agustus, 2012. Karena bulan masih di bawah ufuk. Sehingga, 1 Syawal disebagian besar negeri-negeri Muslim, merayakan Idul Fitri akan jatuh pada hari Ahad. mh.

 

 

 

Iklan

Posted on 17 Agustus 2012, in Indonesia, Kabar Terkini and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: