Diposkan pada Aqidah, Dakwah, Indonesia

MUI Solo: Tradisi Padusan & Ziarah Jelang Ramadhan Haram!

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Solo Prof Zainal Arifin Adnan kembali menegaskan bahwa tradisi padusan dan nyadran (ziarah) yang sering dilakukan masyarakat menjelang Ramadhan adalah haram.

“Padusan adalah tradisi yang menyalahi pakem(budaya yang mengikuti ibadah Ramadhan) dan tanpa tuntunan ibadah yang syar’i,” kata Prof Zainal, Selasa (17/07) seperti dilansir JogloSemar.

Menurut Zainal, MUI Solo tidak setuju dengan tradisi yang sudah ada sejak puluhan tahun itu karena tidak sesuai tuntunan ajaran Islam. Padusan tidak pernah ada dalam Islam dan tidak termasuk ibadah. Padusan adalah adat orang Jawa yang sudah berlangsung sejak lama.

“Jika dianggap ibadah, jelas MUI memfatwakan haram untuk tradisi tersebut,” katanya.

Karena itu, ketua MUI Solo yang juga dosen Fakultas Kedokteran UNS ini mengimbau agar umat Islam tidak semakin terjerumus dalam tradisi yang tidak sesuai dengan Islam dengan tidak ikut-ikutan melakukan padusan.

Padusan adalah tradisi pembersihan diri (mandi) menjelang puasa. Pembersihan diri biasa dilakukan dengan cara mandi besar karena padusan adalah berasal dari kata dasar adus (bhs Jawa) yang artinya mandi. Kegiatan ini biasanya dilakukan di tempat-tempat pemandian umum, pantai, tempat pariwisata dan kolam renang umum dimana bercampur antara laki-laki dan perempuan.

Sedangkan tradisi nyadran yaitu ziarah kubur pada bulan Syaban (kalender Islam) atau Ruwah (kalender Jawa), menjadi semacam kewajiban bagi orang Jawa. Nyadran biasa dilaksanakan dengan membersihkan makam leluhur, memanjatkan doa permohonan ampun, dan tabur bunga tersebut adalah simbol bakti dan ungkapan penghormatan serta terima kasih seseorang terhadap para leluhurnya.

Sebuah sumber pustaka menyebut tradisi Nyadran berasal dari tradisi Hindu yaitu Upacara Sraddha. Sraddha adalah upacara umat Hindu di pulau Jawa zaman dahulu kala untuk mengenang arwah seseorang yang meninggal. [muslimdaily]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s