Sisi Hitam Facebook, `Makan Nggak Makan Asal Facebook Yow!`

Ngeliat fenomena yang ada sekarang ni, banyak banget manusia khususnya para remaja yang bakal betah banget kalo kudu berintim-ria dengan facebook. Kalo nggak ketemu sehari ajah buat update status ato status orang laen malah, heee…, beh berasa bener- bener ada yang kurang.

Nggak dipungkiri emang, kalo situs jejaring sosial bikinan Mark Zuckerberg ini, udah bener- bener jadi bagian idup lebih dari 350 juta manusia di seluruh dunia. En dari angka segitu banyak, para remaja bertengger di urutan pertama. Asyik emang kalo pake facebook. Kita bisa gaul, en komunikasi, ngobrol sambil ngelucu bareng sohib, ampe juga ada yang pada jualan.

Tapi sayang pren, faktanya nich, banyak dikalangan kamu- kamu yang masih muda usia, yang udah kena virus kecanduan ama facebook. Ampe seharian kali bakal betah ngendon depan laptop ato mantengin hape mulu` cuman buat gaul sama si lovely facebookmu. Ya nggak?. ibarat kata nich, lupa makan nggak papa, tapi update status kudu tetep eksis dunk.

Biasanya para jamaah facebookiyah ini nggak ada abiesnya bakal ada aja yg diomongin. Nggak peduli itu kenalan baru ato temen lama, porum ngerumpi abies, bakal di geber terus di sini. Trus, maniak-online juga salah dua yang kejadian gara- gara facebook.

Heran yach, jadi penasaran nich, pada pengen nanya, kalo ampe seharian online gituh apa kamu nggak bosen pren? apa nggak pegel tuh badan bakalannya?

Waspadalah, waspadalah pren, itu tandanya kamu sudah bener- bener kecanduan. Facebook emang mengasikkan, tapi kalo sampe kita absen makan, ato aktifitas penting laen gara-gara facebook, itu mah kebangetan. Bahwa facebook bisa juga ada manfaatnya memang iya, tapi trus jangan lupa, pake facebook tapi jangan pake acara nyiksa diri ya pren.

Nyiksa diri? kok bisa?

He emm lah, coba ajah kamu itung bentaran, tentang waktu kamu yang di korbanin buat mangkal di facebook. Contoh niy, kalo kamu betah nongkrong di facebook minim 3 jam, berarti sebulan waktu yang habis untuk berkhalwat dengan situs jejaring sosial ini adalah 90 jam. Tuh dari 30 hari dikali 3 jam. Eits, Tuh masih berat kotor teman, soalnya belum termasuk ma pulsa, uang en  energi yang terbuang percuma. Kenapa percuma? ok emang nggak 100% yang pada pake facebook nggak ada manfaatnya, tapi mayoritas pemakenya adalah cuman buat hiburan, penumpahan keluh kesah, maen- maen saat rileks ato ajang numpang eksis.

Pren, Kalo diitung- itung, waktu 3 jam itu lumayan banget loh bisa buat baca buku, istirahat, belajar, ato hal yang bermanfaat laen deh. Jangan sampe kita nyesel seumur-umur gara- gara kita menzalimi diri sendiri. Sebab, kita nggak bakalan diberi kesempatan ulang untuk berbuat baik atau bertobat, bila kita udah say good bye ama dunia ini. Firman Allah Swt. (yang artinya): “Maka pada hari itu tidak bermanfaat (lagi) bagi orang-orang yang zalim permintaan uzur mereka, dan tidak pula mereka diberi kesempatan bertaubat lagi.” (QS ar-Rûm [30]: 57).

So, jangan ampe hidup kita hanya diisi dengan kegiatan yang nggak ada manfaatnya. Waktu luang emang kadang banyak melenakan kita, trutama biar ampe lupa ama yang namanya akherat.

Mangkanya yuk, mule sekarang jaoh- jaoh ajah dari aktivitas yang ngerugiin kita. Trus aktif di facebook gimana? manfaatin ajah seperlunya aja, terutama buat dakwah. Jangan berlebihan dan apalagi ampe tahap kecanduan facebook buat hal-hal yang nggak ada manfaat, lebih- lebih buat maksiat. Pren, baek- baek yah memperlakukan sohib kamu semua yang atu tuh, soalnya kalo dia udah keburu pergi nggak bakal ada acara balik lagih… siapa dia? dia adalah waktu.

(Nayma/Voa-islam.com)

Iklan

Posted on 7 Oktober 2011, in Smar Teen and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: