Diposkan pada Al Islam, Cerpen, Goresan Tangan, Muslimah, Nasihat

CANTIK MU INDAHKAN DUNIA KU, AKHLAKMU CERIAKAN JIWA KU…..(renungan utk hati)

Tanggal 21 april 2009 akan diadakan sebuah kontes kecantikan yg nama kontesnya “ pemilihan miss cantik 2009”, kontes ini mengambil tema “ cantikkah aku, menurutmu!!!”. Kan pada tau semua kalau Yang namanya kaum hawa emang sangat suka kalau di bilangin CALUS (cantik,lembut, sexi,..afwan rada maksa singkatannya..). segala cara akan dilakukan biar bisa tampil cantik. Ada yg suntik botox diwajah kaya krisdayanti, operasi bibir kaya Angelina jolie, operasi mesekin hidung kaya Hayley duff, dan laen-laen. Ada yg ampe habisin uang 3juta rupiah perminggu utk ngerawat diri ke salon.ckckck. kira-kira apa aja yg mesti didempul, di sikat, ditambal, kok yah sampe semahal itu. ANEH. By the way, gmn cerita kontes kecantikannya yah??mari kita simak !!!

Peserta utk kontes pemilihan miss cantik ini tdk dibatasi harus dari dalam negeri ataupun luar negeri. Semua boleh ikut asalkan merasa cantik( bisa karena recom dari teman, keluarga, atau ngerasa sendiri aja kalau dia cantik walau pun sedunia kaya nya engga ada satupun yg pernah bilang…hehehe). Peserta yg masuk kedalam dalam 3 besar kontes ini sudah bersiap-siap. MC utk acara kontes besar-besaran ini di tunjuk 2 orang yg sangat berbakat & terkenal di international. Kita sebut saja namanya “ mr. naldi & mr. irpan”. Sebenarnya dari awal panitia enggan menempatkan mereka sbg MC dikontes ini karena sangat tidak layak mereka di gabungin dgn makhluk-makhluk allah yg cantik-cantik. Tapi bakat ngemsi mereka luar biasa sekali jd menutupi ketidak gantengan mereka. Mari kita simak acara kontesnya yuuk…
2 MC sudah didandanin dgn rapih. Budget pakain dan riasanan utk nie MC rada mahalan. Krn klw tidak dipermak habis takutnya mereka berdua malu-maluin. Begitu saja tetap masih jauh dari kata-kata ganteng. kontestan yg masuk 3 besar sudah berdiri didepan podium. Pada pede nunjukin kemampuan mereka masing-masing. Dan berusaha menjawab pertanyaan juri dgn baik dan sesekali memberi lambaian tangan khas para miss kecantikan ( udah tau kan gimana..).

Kontestan I: from Indonesia, tepatnya dari banda aceh
Sungguh cantik parasnya, lembut, pintar dan moto hidupnya “asal-asalan saja” ( asal dapat suami soleh,kaya, pinter; asal bisa sukses dunia akhirat; ..hehehe). dia juga menguasai 3 bahasa: inggris, prancis, korea. Karena dari banda aceh- Indonesia, makanya pakaiannya rada sopan( jilbaban mode on). Sekali-sekali suka sekali menutup wajahnya kalau dia lg ketawa, maklum nie kontestan doyan bener JENGKOL, PETAI & patner-patnernya…hehe). Namanya ari sinta. Nie fotonya:

note:nie gaya ari sinta agar aroma jengkol tdk kesebar..heheheKontestan 2: from Myanmar, tepatnya dari suku kayan ( perbatasan antara Myanmar & Thailand)
Cantik, innocence, kaya (lbh jelasnya lihat fotonya dibwh biar pembaca yakin akan kekayaannya..hehehe), sederhana, moto hidupnya “kubawa kemana-mana” ( biar lbh jelas lht fotony a dibwh, jd tau apa sih yg dibawa-bawa selalu..hehehe). Cuma bisa bahasa inggris. daya tariknya selalu senyum krn dia penggemar group nasyid raihan loh. Namanya LERPANG( rada aneh tp mohon dimaklumin, jawaban misteri namanya ada di fotonya..). nie fotonya:

note:LEPANG=’Leher panjang”..ternyata besi emas toh yg dibawa kemana-mana..ckckckKontestan 3: dari iran
Cantik sekali. Tapi kurang percaya diri. Hobbinya operasi mulu. Cuma bisa bahasa iran saja. Moto hidupnya” plester is my life”(biar lbh jelas lht fotonya dibwh yah..). namanya aisyah. Nie fotonya:

note: tu plester salalu aj dipake kemana-mana..ckckckc

Ketiga kontestan ini sudah berlenggak-lenggok di podium dan sekarang waktunya utk pengumuman pemenang. MC akan membacakan hasilnya. Kartu hasil sudah di pegang MC “mr.irpan”. Tapi udah 10 menit belum juga dibaca’in hasinya. Ya allah ternyata si mr.irpan lagi melototin kontestan dari banda aceh. Ampe engga kedip gitu (duh pan tuh encesnya udah keluar. Jaga mata & hati mamen.ckckck…). setelah di ingatin si mr.naldi, akhirnya hasilpun diumumkan.
“pemenang nya adalah…teng..teng..teng..e

ng..ing..eng…..ARI SINTA from banda aceh-indonesia”
Mendengar hasil tersebut si irpan langsung menangis dan sujud syukur ( loh kok kebalik yah, bukan kontestannya..hehehe).Just info:
Untuk kontestan 2 :
Di perbatasan Myanmar dan Thailand, anggota suku Kayan memulai ritual ke-cantikan mereka pada usia dini. Pada umur 5 tahun, anak-anak mulai mengenakan kalung tembaga di leher mereka, ritual yang sudah berlangsung berabad-abad. Seiring bertambahnya usia, kalung demi kalung ditambahkan sehingga leher se-makin memanjang, membuat mereka nam-pak seperti jerapah yang memakai banyak kalung. Untuk para wanita ini, kalung tembaga memberikan status dan tanda elegan bagi mereka. Padahal kalung-kalung yang sudah menjadi bagian dari hidup mereka itu beratnya bisa mencapai 10 kilogram!

Kontestan 3 :
Dapatkah Anda menebak negara mana tempat dilakukannya operasi plastik hidung yang paling banyak? Bukan di Amerika atau Brazil, tetapi di negara muslim konservatif Iran! Di negara di mana wanita harus menutupi tubuh dan rambut mereka, operasi plastik untuk mempercantik hidung diperkirakan dilakukan 60.000 kali dalam setahun.
Di Iran, karena yang tampak dari seorang wanita adalah wajah, maka mereka sangat berkonsentrasi pada bagian ini untuk menonjolkan kecantikkan mereka. Bedanya dengan wanita di negara lain yang merahasiakan operasi plastik mereka, di Iran wanita yang telah melakukan operasi hidung dengan terbuka membicarakannya. Setelah ope-rasi, perban hidung akan dipakai terang-terangan. Hal itu disebab-kan karena operasi plastik sangat mahal di Iran, dan wanita me-lihat perban itu sebagai simbol status. Bahkan ada wanita yang tetap memakai perbannya sampai dua tahun setelah operasi. Saking ngetopnya operasi hidung, wanita-wanita yang belum mampu melakukannya tetap menempelkan perban di hidung mereka.

NOTE:(renungan utk kita semua para kaum hawa)
Sebenarnya dalam islam menilai persepsi cantik itu perlu di tinjau dari 2 hal:

1.Niatnya
Harus dan hanya utk mengharap ridho Allah saja. Jadi berlomba-lomba agar Allah sebagai kekasih sejati mengganggapnya cantik terserah orang lain mengganggap apapun. Menutup aurat dgn baik dan sempurna ( klw pun belum, mulailah perlahan tapi pasti Karena tubuh wanita itu mengandung banyak umpan dan fitnah baik bagi dirinya ataupun para lelaki..). hijab diri kita dgn pakaian yg disukai Allah( menutup aurat, tidak memperlihatkan lekuk tubuh dgn nyata, tdk seperti lelaki, tidak ketat dan transparan spt pepatah you can see me..na’uzubillah). dgn jilbab membuat kita aman dan nyaman dan juga baik utk kesehatan (secara pakain ketat bisa buat kanker kulit loh, kan udara tidak berdistribusi dgn baik, pengap jadinya tu kulit alias engga bisa nafas..)

2. Diperuntukkan utk??
Bagi yg sudah menemukan separuh dari din nya alias sudah menikah maka wanita berhias utk sang suami. Mempercantik diri utk sang suami. Jadi sang suami tidak hanya kebagian daster style mulu dari sang istri. Kan kasian suaminya, Cuma dapat daster stile aj, tapi utk orang lain dandan habis-habisan (kaya pepatah daerah ku ”biar mati yg penting gaya”..). bagi yg masih single alias jojoba( jomblo-jomblo bahagia..), berhias nya hanya agar dia mjd sehat, bersih dan tidak jadi muslimah nyebelin (sapa yg ga sebel sih klw kita nya BB alias burket, pake baju ngasal aj hingga mata orang sakit ngelihatnya, kummel, bau apalagi kalau udah rada siangan..). secara Allah itu indah dan suka akan keindahan. Sebagai makhluk ciptaan nya pun kita kudu indah dalam arti yg wajar dan Allah sukai. Terlihat indah tdk harus mahal, glamor, tapi cukup memakai sesuatu yg pantas kita gunakan. Masa kita tega menghamburkan banyak uang hanya utk diri sendiri dan utk hal-hal yg mubazir sedangkan saudara-saudara kita masih bnyk yg hidup dalam kemiskinan.

sebenarnya cantik itu relative tergantung siapa yg memandang. Jadi teringat kata adik kelas dikampus ku” cantik itu relative kak, tp klw jelek mah MUTLAK” ( just kidding, engga usah ditiru nie kata-katasi adik kelas ku..). So sekarang kamu mau dianggap cantik oleh siapa?? Allah dan suami mu kelak, atau orang sedunia. Klw saya sih maunya di bilang cantik dari ketiga-tiga nya(hehehe..ngarep…kayanya engga mungkin kesampaian..). tapi kalau harus memilih lbh baik Allah dan suami kelak yg bilang cantik tapi sedunia bilang enggak daripada sedunia bilang iya tapi Allah bilang ENGGA. Sungguh menyakitkan, hal yang kaya gini yg nyata-nyata perlu kita tangisin. Mari sama-sama kita perbaiki pakaian dan hati kita wahai para akhwat. Terutama saya yg sangat banyak khilaf dan belum sempurna hijabnya. Ingat teman, kecantikan akhlak jauh lbh bertahan lama. Moga kita kelak menjadi bidadari-bidadari yg dicemburui oleh bidadari-bidadari syurga. Aamiin

(jihadajadeh.wordpress.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s