Diposkan pada Al Islam, Ibadah, Smar Teen

Loh, Kok Masjid Pada Sepi

Ngeliat sholat jamaah hari niy, jadi pada bingung deh. Soalnya sholat jamaah kali niy bener- bener mengalami “kemajuan”. Yups, makin hari makin maju ajah tuh barisan jamaahnya. Belon lagih kalo ngeliat orang- orangnya yang akan sholat. Ya allah, kenapa udah pada sepuh alias tua ya kebanyakan. Truuuusss, yang mudaan pada kemanaaa nich?

Yang cowok, Yang cowok!!….

Yang merasa cowok!!. Pagi niy sholat subuh jam berapa, bang?. En tkp-nya ambil masjid mana? Ato jangan- jangan malah bablas ajah, ampe niy siang baru bangun? Hayoo ngaku!!. Malu atuh bang sama ayam jago yang dah pasti nge set jam weker buat berkokok rutiiin tiap hari.

Bisa digambarkan bahwa suasana didalam kebanyakan masjid apalagi kalo lagi shubuh, bener- bener sunyi senyap. Biasanya sih yang mendominasi cuma eyang ama bapak- bapak. Ya Allah, sisanya yang mudaan dikit cuman berapa biji ajah. Sungguh terlalu!!

Walah jangan- jangan yang muda baru aja berangkat tidur abies nge dugem, ato may be terlalu sibuk blajar kali ampe nggak denger adzan yang gitu kerasnya.

Yang cowok, Yang cowok!!….

Yang merasa cowok!!

Bro, padahal yang namanya sholat jamaah ke masjid tuch no 1 loh. Kita kasih dikit bukti buat kamu yeah.

Dalam Shahih Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata:
” Seorang laki-laki buta datang kepada Nabi dan berkata: Wahai Rasulullah, aku tidak mempunyai penuntun yang akan menuntunku ke Masjid. Maka dia minta keringanan untuk shalat dirumah, maka diberi keringanan. Lalu ia pergi, Beliau memanggilnya seraya berkata: Apakah kamu mendengar adzan ? Ya, jawabnya. Nabi berkata :Kalau begitu penuhilah (hadirilah)!”

Widiiiiw, kalo yang buta ajah suruh tetep berangkat ke masjid, nah kita yang punya 2 bola mata yang sehat, buger, dan lentik, ngpa masih ajah ngendon en sliping byuti di tempat tidur?

Kalo dipikir- pikir (berlaku bagi yang mau mikir) emang memalukan alias shamefull alias nggak banget sih kejadian yang ampir tiap hari ada ini. Masak mereka yang udah pada tua, apalagi ada kekurangan fisik, tapi beuh semangatnya cadaas!! trus juga pada getool banget ibadahnya. Nah kita yang pada jantan (ngakunyaaa), nyangkut kemana bang!?!.

Ya Allah, Jangan bilang ya, “ya iya lah mereka kan udah tua, harus banyak banyak dzikir minta ampun”. Ato kalo nggak, ” yah kita kan yang muda masih banyak urusan, nah onoh yang udah tuaan bakal banyak waktu luang”. Salah bro tuh kalimat en rada nggak sopan ngedengernya.

Ya pasti lah, soalnya siapa yang bisa jamin kalo yang tua bakal “duluan” dipanggil ma Allah. Yang namanya maut sih, nggak pake permisi ato ketok pintu assalamuallaikum, bang. Nggak da manusia ato perusahaan asuransi manapun yang bakal bisa ngejamin kya begituan. Trus, kalo soal sibuk, dulu nabi Muhammad Salallahu ‘alaihi wassalam juga seorang pemimpin. Nggak kurang juga kesibukan beliau ngurus urusan dunia, tapi jangan salah mamen, soal ibadah utamanya sholat, beuhh kita aja sih lewat dah. Ampe istri beliau ibunda Siti Aisyah punya pengalaman kya gini, check this out,

Terceritakan sebuah hadist dari Aisyah R.A : Aisyah melihat kaki Rasulullah bengkak karena sholat dan setiap kali sholat Nabi Muhammad Shollallahu’alaihi wassalam selalu bercucuran airmata, lalu Aisyah pun bertanya, “Kenapa engkau melakukan seperti ini wahai Rasulullah, padahal Allah telah menjamin engkau masuk surga?” Rasul pun menjawab, “Apakah aku tidak boleh menjadi hamba Allah yang bersyukur dan mengingat segala nikmat dari Allah?”

Subhanallah, Rasulullah aja yang Allah jaminkan surga ajah masih pengen nunjukkin rasa syukurnya ke Allah dengan serius.

kalo kamu?……….

Tau nggak, saking penting buat ngejaga yang namanya sholat jamaah di masjid, dalam sebuah hadits Rasulullah Shollallahu’alaihi wassalam, akan membakar rumah orang-orang yang mendengarkan adzan, tetapi nggak buru- buru pegi ke masjid buat sholat berjamaah.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wassallam telah bersabda:

Aku berniat meme-rintahkan kaum muslimin untuk mendirikan sha-lat. Maka aku perintahkan seorang untuk menjadi imam dan shalat bersama. Kemudian aku berang-kat dengan kaum muslimin yang membawa seikat kayu bakar menuju orang-orang yang tidak mau ikut shalat berjamaah, dan aku bakar rumah-rumah mereka. (Al Bukhari-Muslim)

Kalo kamu mikir, wih serius amat siy ampe bgono juga. Ya iya laaa… Jangan anggap remeh soal sholat jamaah dimasjid bro, apalagi enteng bener ninggalinnnya. Cekidot dah sabda nabi muhammad Shollallahu’alaihi Wassalam yang nich.

“Andaikata orang-orang mengetahui betapa besar pahala sholat berjamaah di masjid, sesungguhnya orang-orang itu akan mendatanginya sekalipun dengan berjalan merangkak ke masjid.” (Abu Hurairah)

Dulu para sahabat juga paham bangets tentang pentingnya sholat berjamaah di masjid en mereka pada nggak ada yang ninggalin, ini seperti disampein sama Abdullah Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu.

“Engkau telah melihat kami, tidak seseorang yang meninggalkan shalat berjamaah, kecuali ia seorang munafik yang diketahui nifaknya atau seseorang yang sakit, bahkan seorang yang sakitpun berjalan (dengan dipapah) antara dua orang untuk mendatangi shalat (shalat berjamaah di masjid). Beliau menegaskan : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam mengajarkan kita jalan-jalan hidayah, dan salah satu jalan hidayah itu adalah shalat di masjid (shalat yang dikerjakan di masjid)” (Shahih Muslim)

Nah mule sekarang, balajar deh nggak ngeduain yang namanya sholat jamaah di masjid dengan kepentingan apapun. Tuh semua karena saking pentingnya bro. Sholat tuh kekuatan kita biar tetep ada sinyal terus sama Allah.

Ibnu Mas’ud juga mengatakan : Barang siapa mau bertemu dengan Allah SWT di hari akhir nanti dalam keadaan muslim, maka hendaklah memelihara semua shalat yang diserukan-Nya. Allah SWT telah menetapkan jalan-jalan hidayah kepada para Nabi dan shalat ter-masuk salah satu jalan hidayah. Jika kalian sholat dirumah maka kalian telah meninggalkan sunnah Nabi kalian, dan kalian akan sesat. Setiap Lelaki yang bersuci dengan baik, kemudian menuju masjid, maka Allah Subhanahu wata’ala menulis setiap langkahnya satu kebaikan, mengangkatnya satu derajat, dan menghapus satu kejahatannya. Engkau telah melihat dikalangan kami, tidak pernah ada yang meninggalkan shalat (berjamaah), kecuali orang munafik yang sudah nyata nifaknya.

Yang trakir, jangan lupa ya, jaga kekhusukan sholat kita. Kalo pada sholat dimasjid, jaga mata kita jangan ampe pada belanja ato pake acara lempar- lempar poni waktu yang laen pada khusuk sholat. Kan mencemari kekhusukan sekitar banget tuch.So good luck untuk ngedidik diri en hati kamu buat slalu istiqomah buat sholat ke masjid. Insyaallah

(Syahidah/Voa-islam.com)

Iklan

Satu tanggapan untuk “Loh, Kok Masjid Pada Sepi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s