Habis Lebaran, Trus Ngapain?

Puasa udah berlalu, hari raya juga udah tamat. Makanan seabreg juga udah pada disikat, kali masih ada yang nyisa tuch dikantong, hee… Trus baju seetalase pun nggak ketinggalan udah dipamerin ke seantero tetangga. Nah, kira- kira kalo dah pada selesai semua bgono, kesan yang masih nyantol dipikiran kita tuch, apaan yach?

Ada loh juga sobat- sobat kita diluaran sana yang nyambut bonus pahala yang Allah obral abis-abisan pas ramadhan kemarin. Alhasil, kalo udah habis lebaran gini, yang ada mereka jadi mudah berhijrah. Maksudnya, mereka jadi ringan aja buat ngerubah perilaku mereka yang dari urakan amatiran ampe yang kelas berat, jadi rada aliman dikit. Alhamdulillah. Maybe karena Allah liat bener- bener usaha keras mereka pas Ramadhan buat ngumpulin bekal dunia dan akhirat, so hidayah datang juga buat mereka. Ini persis bener seperti  yang disabdakan Rasulullah Salallahu `Alaihi wassalam: “Datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan keberkahan. Allah menaungi kamu di dalamnya. Dia menurunkan rahmat, melebur dosa, dan mengabulkan permohonan di dalamnya. Allah akan melihat kegiatan dan perlombaanmu di dalamnya. Dia membanggakan ini kepada para malaikat. Maka perlihatkanlah kebaikan dirimu. Sesungguhnya orang yang celaka adalah orang yang terhalang dari Rahmat Allah Swt.” (HR Thabrani)
Tapi sayang banyak juga temen- temen kita yang masih muda yang bakal bilang kalo abies puasa serasa merdekaaa, bener2 bebas. Bebas tiduuur mpe pagi, nggak da lagih acara sahur menyahur, atawa nggak pake lagi tuh ngeredam nafsu dan kroni- kroninya. Bebas makan euy disiang hari, kan lumayan buat balas dendam bulan kemaren. Jadi mereka pada ngerasa kalo Idul Fitri itu mah akhir dari perjuangan ngelawan hawa nafsu, srasa semua mudah dan bener- bener free.
 Apalagi pas ramadhan mereka ngelakuin kegiatan yang wasting time alias ngabisin waktu. Alasannya sih kreatip boss, nunggu bedug maghrib misalnya. Jadi pada sibuk maen biar nggak pada keinget laper, tapi sayangnya jadi pada lupa waktu, lupa shalat, lupa tadarusan, lupa ikut ngaji de el el. Ada juga yang ngabisin waktu Ramadhan buat nambah jam tidur kalo lagi siang. Kalo ditanya sih, alasannya, kan lebih baek daripada maksiat yang bisa batalin puasa, lebih save juga tuh, trus berpahala lagi. Ya emang sih, tidurnya orang puasa itu berpahala. Tapi, apa iya siy cuma maksiat aja yang bisa dikerjain orang puasa selain tidur?. Kan judulnya bulan puasa bulan ampunan tuh, kalo emang ngerasa ahli maksiat justru minta ampun pas ramadhan bakal paling pas kan? coba dateng ke pengajian, atawa tadarus al-Quran, atau menghabiskan malam dengan shalat tarawih dan tahajud. Yang ini baru toh. Betul?
Lanjuuut!!
Trus pas lebaran, kesibukan temen- temen kita tuh beganti `ibadah`. Tapi di mall. Belanja seabreg en jadi etalase berjalan pas kemarin lebaran, lumayan buat ajang pamer dikit laaa. Perburuan lailatul qadar mah kalah pamor dengan diskon gede-gedean di mall.
Pren masih ingat nggak pesannya Imam Syafi’i kalo “Idul Fitri bukanlah diperuntukkan bagi orang yang mengenakan sesuatu yang serba baru, tetapi dipersembahkan bagi orang yang ketaatannya bertambah”.
Ya Allah, padahal kalo udah lebaran selesai, para shahabat rasullullah dulu justru bersedih. Rasulullah sallallahu alaihi wassalam pernah bersabda sebagaimana dituturkan Ibn Mas’ud: “Sekiranya para hamba (kaum Muslim) mengetahui kebajikan-kebajikan yang dikandung bulan Ramadhan, niscaya umatku mengharapkan Ramadhan terus ada sepanjang tahun.” (HR Abu Ya’la, ath-Thabrani, dan ad-Dailami).
Emang buat orang- orang yang pada dekeet hatinya sama Allah mereka bakal ngerasa sedih banget. Gimana nggak sedih coba, abies Ramadhan, setan-setan yang kebelenggu bakal bebas lepas. biasanya juga kegiatan keIslaman nggak lagi ramai. Jadi makin susaaah kan ngeredam hati. Pergaulan bebas yang sempet direm saat Ramadhan kembali dikampanyekan media massa. Seolah mengajak para aktivis pacaran untuk kembali ke habitat baku syahwatnya.
Asli`!! Nggak gampang pren ngadepin godaan setan di sebelas bulan berikutnya pasca Ramadhan. Apalagi kalo bekal yang seharusnya kita kumpulkan di bulan Ramadhan malah disia-siain. Tentu perlu perjuangan lebih keras lagi untuk tetap menjadi orang baek.
Pren, Ramadhan boleh aja udahan. Lebaranpun juga boleh lewat. Tapi kebiasaan baek di bulan suci itu kudu tetep dijaga. Nggak da tarawih, shalat tahajjud pun hayuk ajah. Walo puasa wajib udah berakhir, tapi pan yang puasa sunnah masih kok. contohnya nich puasa Syawal enam hari, puasa Senin Kamis, dsb, dll. Scara nich, puasa emang paling ampuh buat ngredam gejolak dari yang masih muda- muda, paling ngefek bener dah manfaatnya. Gitu pesannya Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam.
Skali- kali ikutan ngaji deh pren, biar blajar idup lurus. Kalo nggak sekarang kapan lagi, kan mumpung masih ada umur. Trus coba deh bergaul dengan orang yang sholeh, biar kita jadi ikut kecipratan kesholehannya. En yang trakir tetep terus belajar ilmu Islam dengan cara membaca. Mulai musiumin deh buku- buku yang nggak bawa dame buat idup kita. Insya Allah kalo beberapa hal tuh tetep istiqomah kita lakuin, kita akan lulus sebagai sarjana Ramadhan dengan gelar muttaqin. keren nggak tuh!. So, Always jaga en pertahanin semangat Ramadhan kita, okay!!

Puasa udah berlalu, hari raya juga udah tamat. Makanan seabreg juga udah pada disikat, kali masih ada yang nyisa tuch dikantong, hee… Trus baju seetalase pun nggak ketinggalan udah dipamerin ke seantero tetangga. Nah, kira- kira kalo dah pada selesai semua bgono, kesan yang masih nyantol dipikiran kita tuch, apaan yach?

Ada banyak loh ternyata sobat- sobat muda kita diluaran sana yang nyambut bonus pahala yang Allah obral abis-abisan pas ramadhan kemarin. Alhasil, kalo udah habis lebaran gini, yang ada mereka jadi mudah berhijrah. Maksudnya, mereka jadi ringan aja buat ngerubah perilaku mereka yang dari urakan amatiran ampe yang kelas berat, jadi rada aliman dikit. Alhamdulillah. Maybe karena Allah liat bener- bener usaha keras mereka pas Ramadhan buat ngumpulin bekal dunia dan akhirat, so hidayah datang juga buat mereka.

Ini persis bener seperti  yang disabdakan Rasulullah Salallahu `Alaihi wassalam: “Datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan keberkahan. Allah menaungi kamu di dalamnya. Dia menurunkan rahmat, melebur dosa, dan mengabulkan permohonan di dalamnya. Allah akan melihat kegiatan dan perlombaanmu di dalamnya. Dia membanggakan ini kepada para malaikat. Maka perlihatkanlah kebaikan dirimu. Sesungguhnya orang yang celaka adalah orang yang terhalang dari Rahmat Allah Swt.” (HR Thabrani)

Tapi sayang banyak juga temen- temen kita yang masih muda yang bakal bilang kalo abies puasa serasa merdekaaa, bener2 bebas. Bebas tiduuur mpe pagi, nggak da lagih acara sahur menyahur, atawa nggak pake lagi tuh ngeredam nafsu dan kroni- kroninya. Bebas makan euy disiang hari, kan lumayan buat balas dendam bulan kemaren. Jadi mereka pada ngerasa kalo Idul Fitri itu mah akhir dari perjuangan ngelawan hawa nafsu, srasa semua mudah dan bener- bener free.

Apalagi pas ramadhan mereka ngelakuin kegiatan yang wasting time alias ngabisin waktu. Alasannya sih kreatip boss, nunggu bedug maghrib misalnya. Jadi pada sibuk maen biar nggak pada keinget laper, tapi sayangnya jadi pada lupa waktu, lupa shalat, lupa tadarusan, lupa ikut ngaji de el el. Ada juga yang ngabisin waktu Ramadhan buat nambah jam tidur kalo lagi siang. Kalo ditanya sih, alasannya, kan lebih baek daripada maksiat yang bisa batalin puasa, lebih save juga tuh, trus berpahala lagi. Ya emang sih, tidurnya orang puasa itu berpahala. Tapi, apa iya siy cuma maksiat aja yang bisa dikerjain orang puasa selain tidur?. Kan judulnya bulan puasa bulan ampunan tuh, kalo emang ngerasa ahli maksiat justru minta ampun pas ramadhan bakal paling pas kan? coba dateng ke pengajian, atawa tadarus al-Quran, atau menghabiskan malam dengan shalat tarawih dan tahajud. Yang ini baru toh. Betul?

Lanjuuut!!

Trus pas lebaran, kesibukan temen- temen kita tuh beganti `ibadah`. Tapi di mall. Belanja seabreg en jadi etalase berjalan pas kemarin lebaran, lumayan buat ajang pamer dikit laaa. Perburuan lailatul qadar mah kalah pamor dengan diskon gede-gedean di mall.

Pren masih ingat nggak pesannya Imam Syafi’i kalo “Idul Fitri bukanlah diperuntukkan bagi orang yang mengenakan sesuatu yang serba baru, tetapi dipersembahkan bagi orang yang ketaatannya bertambah”.

Ya Allah, padahal kalo udah lebaran selesai, para shahabat rasullullah dulu justru bersedih. Rasulullah sallallahu alaihi wassalam pernah bersabda sebagaimana dituturkan Ibn Mas’ud: “Sekiranya para hamba (kaum Muslim) mengetahui kebajikan-kebajikan yang dikandung bulan Ramadhan, niscaya umatku mengharapkan Ramadhan terus ada sepanjang tahun.” (HR Abu Ya’la, ath-Thabrani, dan ad-Dailami).

Emang buat orang- orang yang pada dekeet hatinya sama Allah mereka bakal ngerasa sedih banget. Gimana nggak sedih coba, abies Ramadhan, setan-setan yang kebelenggu bakal bebas lepas. biasanya juga kegiatan keIslaman nggak lagi ramai. Jadi makin susaaah kan ngeredam hati. Pergaulan bebas yang sempet direm saat Ramadhan kembali dikampanyekan media massa. Seolah mengajak para aktivis pacaran untuk kembali ke habitat baku syahwatnya.

Asli`!! Nggak gampang pren ngadepin godaan setan di sebelas bulan berikutnya pasca Ramadhan. Apalagi kalo bekal yang seharusnya kita kumpulkan di bulan Ramadhan malah disia-siain. Tentu perlu perjuangan lebih keras lagi untuk tetap menjadi orang baek.

Pren, Ramadhan boleh aja udahan. Lebaranpun juga boleh lewat. Tapi kebiasaan baek di bulan suci itu kudu tetep dijaga. Nggak da tarawih, shalat tahajjud pun hayuk ajah. Walo puasa wajib udah berakhir, tapi pan yang puasa sunnah masih kok. contohnya nich puasa Syawal enam hari, puasa Senin Kamis, dsb, dll. Scara nich, puasa emang paling ampuh buat ngredam gejolak dari yang masih muda- muda, paling ngefek bener dah manfaatnya. Gitu pesannya Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam.

Skali- kali ikutan ngaji deh pren, biar blajar idup lurus. Kalo nggak sekarang kapan lagi, kan mumpung masih ada umur. Trus coba deh bergaul dengan orang yang sholeh, biar kita jadi ikut kecipratan kesholehannya. En yang trakir tetep terus belajar ilmu Islam dengan cara membaca. Mulai musiumin deh buku- buku yang nggak bawa dame buat idup kita. Insya Allah kalo beberapa hal tuh tetep istiqomah kita lakuin, kita akan lulus sebagai sarjana Ramadhan dengan gelar muttaqin. keren nggak tuh!. So, Always jaga en pertahanin semangat Ramadhan kita, okay!!

(Syahidah/Voa-islam.com)

Iklan

Posted on 4 September 2011, in Smar Teen and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: