Diposkan pada Internasional, Islamic News, Kabar Terkini

Islam Memberi Warna Baru di Brasil

Semakin banyak orang yang masuk Islam di Rio De Janeiro, telah  mengubah wajah negara Katolik terbesar di dunia dan memberikanl kota karnaval  Brasil suasana yang baru.

“Saya menemukan dalam segala hal Islam yang selalu saya cari,” kata Omar bin Ibrahim Dawud Israfil, yang empat tahun lalu merupakan seorang pastor Katolik di sebuah gereja lokal, Agence France Presse (AFP) melaporkan pada hari Minggu, 21 Agustus.

Omar menyertai istrinya, Faria Alessandra, yang setelah hijrah berganti nama menjadi Fathimah dan mengenakan jilbab, pada malam-malam Ramadhan untuk pergi ke  Mesjid da Luz, masjid pertama Rio.

“Di seminari, Anda belajar bahwa Islam adalah salah satu agama monoteistik. Tidak ada prasangka terhadap agama ini,” kata Omar berdiri bersebelahan dengan istrinya.

Adapun istrinya, keputusan untuk mengenakan jilbab di kota dimana orang memakai bikini di sekitar pantai merupakan pemandangan normal, telah mengejutkan banyak orang.

“Pada awalnya, ibu saya malu saat pergi ke luar dengan saya,” katanya.

Merasa bangga agama barunya, Fatimah mengatakan keyakinannya dapat menemukan tempat di negara multi-budaya.

“Saya mengenakan jilbab untuk menunjukkan saya Muslim dan sadar bahwa saya bagian dari minoritas,” tambahnya.

“Brasil adalah campuran, terdiri dari kebudayaan yang berbeda. Campuran ini membuat Brasil sangat mudah beradaptasi dan toleran. ”

Menurut sensus 2001, ada 27.239 Muslim di Brazil.

Namun, Federasi Islam Brasil menyebutkan angka pada sekitar satu setengah juta.

Seorang dosen yang mengajarkan mengenai masalah Islam, Paulo Pinto  dari Universitas Federal Fuminense memperkirakan Brasil adalah rumah bagi sekitar satu juta Muslim.

Dengan tidak ada jumlah yang resmi, indikator terbaik dapat dilihat dari pertumbuhan peningkatan pesat dalam jumlah masjid. Sekarang ada 127 masjid, empat kali lebih bany dari tahun 2000.

Fakta Baru

Menurut fakta di lapangan, semakin banyak orang Brasil menjadi orang Islam dengan jumlah sekitar 85% dari populasi Muslim kota Rio de Jeneiro.

“Jumlah Muslim terus berkembang, dan sebagian besar orang Brasil yang berganti agama,” kata Sami Isbelle, juru bicara Beneficent Muslim Society (SBMRJ).

“Di Rio, ada sekitar 500 keluarga Muslim, 85 persen dari mereka orang Brasil yang berganti agama yang tidak memiliki darah Arab,” kata Isbelle.

Hal-hal yang berbeda ditemui di negara bagian Sao Paulo dan wilayah selatan Brasil.

Mayoritas Muslim adalah keturunan dari Suriah, Palestina dan Lebanon, imigran yang menetap di Brazil pada abad kesembilan belas, selama Perang Dunia I dan pada 1970-an.

Banyak warga Irak tiba di negara itu setelah invasi   AS tahun 2003.

Sebagian besar Muslim tinggal di negara bagian Parana, Goias, Rio de Janiero dan Sao Paulo, tetapi ada juga komunitas yang signifikan di Mato Grosso do Sul dan Rio Grande do Sul.

“Setelah serangan 11 September di Amerika Serikat, ada pertumbuhan minat dalam Islam, dan banyak orang memutuskan untuk berubah,” tambah Pinto.

“Islam dilihat sebagai bentuk baru perlawanan.”

Selain itu, opera sabun yang diluncurkan hanya tiga minggu setelah serangan tahun 2001, “The Clone,” memicu minat orang Brasil terhadap Islam.

Dibuat di Maroko, acara populer tersebut memberikan gambaran mengenai potret positif seorang tokoh Muslim

[muslimdaily.net/onislam]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s